Kinandroid.com, Pemindai sidik jari adalah fitur keamanan dan metode mudah untuk mengetahui identitas seseorang, namun kini sepertinya teknologi tersebut akan segera tergantikan oleh Face Recognition. Face Recognition atau dalam Bahasa Indonesia di sebut teknologi pengenalan wajah, menajadi salah satu teknologi yang akan menggantikan pemindai sidik jari.

Teknologi Pemindai Wajah.
Teknologi Pemindai Wajah.

Pemindai sidik jari sering digunakan untuk menjadi kunci keamanan sebuah brangkas, absen karyawan hingga fitur keamanan pada ponsel. Namun kini telah hadir teknologi pengenalan wajah yang menggunakan metode membaca pola muka, sehingga di akui lebih aman dan mudah digunakan.

Banyak keunggulan Face Recognition di bandingkan dengan pemindai sidik jari, sehingga membuat banyak orang beralih menggunakan tenknologi pemindai wajah. Berikut ini beberapa keunggukan dari teknologi pemindai wajah atau Face Recognition.

Akurasi 100%

Akurasi teknologi pemindai wajah adalah 100 %, algoritma unggulan pada teknologi pengenal wajah ternyata dapat benar-benar mengenali wajah seseorang meskipun menggunakan kacamata dan tidak. Atau jika orang tersebut menggunakansebuah topi, wajah tetap dapat di pindai dengan baik. Bahkan jika kita berganti warna rambut, asalkan wajah tidak terhalang hal tersebut bukan halangan bagi Face Recognition.

Biaya Lebih Murah

Satu-satunya perangkat yang digunakan adalah kamera, sehingga tidak membutuhkan biaya mahal seperti sebuah pemindai sidik jari. Tentunya bukan kamera biasa dan juga ada perangkat pendungkung di belakangnya seperti komputer, namun pada sebuah smartphone fitur ini sudah dapat digunakan tanpa menggunakan perangkat tambahan.

Penggunaan Lebih Mudah

Untuk kepentingang absen karyawan, teknologi pemindai wajah ini sangat mudah digunakan. Kita hanya perlu memeperlihatkan wajah ketika akan absen, hanya memerlukan waktu beberapa detik dan absen harian sudah sukses.  Begitu juga pada sebuah smartphone, kita hanya perlu selfie untuk membuka kunci telpon  dan keamanan lainya.

Biaya Pemeliharaan Lebih Rendah

Untuk biaya pemeliharaan tentunya lebih murah, sehingga banyak perusahaan yang menggunakan teknologi pemindai wajah untuk mengabsen karyawannya. Jika menggunakan pemindai sidik jari, karyawan akan menyentuh device atau scanner yang tersedia. Tentu saja dengan adanya kontak fisik, setiap hari dengan ribuan karyawan dapat membuat perangkat cepat rusak dan membutuhkan biaya pemeliharaan.

Berbeda dengan teknologi pemindai wajah, karyawan hanya perlu memperlihatkan wajahnya di depan kamera kemudian teknologi pemindai wajah akan melakukan tugasnya. Hal tersebut memangkas biaya pemeliharaan, karena kerusakan akibat kecerobohan karyawan saat melakukan absen akan berkurang.

Untuk penggunaan teknologi ini pada sebuah perusahaan tentu sangat banyak membantu, sehingga banyak perusahaan yang mengganti pemindai sidik jari menggunakan teknologi pemindai wajah. Namun jika pada sebuah smartphone, teknologi pemindai sidik jari masih banyak digunakan. Hal tersebut karena tidak semua smartphone menggunakan teknologi tersebut, hanya smartphone terbaru yang menggunakan teknologi pemindai wajah.

Teknologi Pemindai Wajah.
Teknologi Pemindai Wajah.

Namun pemindai sidik jari pada smartphone sering mengalami masalah, sehingga di prediksi bahwa teknologi pemindai wajah ini akan banyak digunakan dan menjadi fitur standar pada smartphone keluaran terbaru.

Teknolgi pemindai wajah ini juga sangat berguna di kepolisian, tentunya untuk menangkap beberapa tersangka lebih dimudahkan dengan teknologi pengenalan wajah ini. Bayangkan jika beberapa kasus kejahatan kepolisian sangat mudah dalam menangkap tersangka, jadi teknologi pemindai wajah ini sangat bermanfaat.

Selain itu akhir-akhir ini banyak kasus kehilangan atau orang yang terpisah dengan keluarganya, kembali di pertemukan dengan teknolgi pemindai wajah. Tentunya dengan bantuan internet dan informasi yang dapat menjangkau orang banyak. Jadi teknologi pemindai wajah ini di prediksi mampu mengganti beberapa teknologi sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here