Kinandroid.com, Startup Unicorn adalah sebutan atau gelar yang diberikan kepada Startup yang memiliki nilai valuasi yang lebih dari $1 miliar. Tentunya ke empat Stratup Unicorn ini menjadi salah satu bukti bahwa suksesnya Starup Digital di Indonesia, dengan kreatifitas dan kegigihan anak bangsa yang mampu meraih prestasi sebesar ini.

Startup Unicorn.
Startup Unicorn.

Awalnya Startup Unicorn di Indonesia ini hanya terdiri dari tiga Startup saja, namun kemudian Bukalapak hadir dan menjadi Startup Unicorn ke empat untuk Indonesia. Tentu hal ini sangat baik, dan dapat membuat Startup Digital lainya menjadi termotivasi, dan mengikuti jejak kesuksesan ke empat Startup Unicorn ini.

Berikut ini adalah ke empat Startup Unicorn yang dimiliki oleh Indonesia.

Go-Jek

Perusahaan Go-Jek berdiri pada tahun 2010 oleh pendiri Nadiem Makariem. Setelah 6 tahun berdiri, Go-Jek mendapatkan gelar unicorn tepatnya pada tanggal 4 Agustus 2016 dan menjadikannya sebagai unicorn pertama di Indonesia.

Total pendanaan yang berhasil diraih oleh Go-Jek adalah 1,75 milyar dolar Amerika. Dengan pembagian pendanaan dari konsorsium 8 investor yang digawangi oleh Sequoia Capital dan Warbrug sebesar 550 juta dolar Amerika serta dana tambahan senilai 1,2 milyar dolar Amerika dari Tencent Holding dan JD.com.

Hal tersebut membawa Go-Jek menempati nilai tertinggi diantara startup unicorn di Indonesia. Go-Jek adalah aplikasi ojek berbasi online terbesar di Indonesia, tidak hanya ojek Go-Jek juga menyediakan beberapa fitur lain seperti Go-Food, Go-Car, Go-Box dan masih banyak lagi.

Tokopedia

Tokopedia lahir setahun lebih awal daripada Go-Jek, yakni di tahun 2009 digawangi oleh William Tanuwijaya. Secara keseluruhan telah memperoleh pendanaan senilai $1,347 miliar. Dengan pendanaan terbesar diraih pada tanggal 17 Agustus 2017 lalu dari investasi yang dilakukan oleh Alibaba sebesar 1,1 milyar dolar Amerika.

Tokopedia adalah aplikasi online yang menyediakan barang-barang yang di jual secara online, Tokopedia juga menjalin mitra dengan beberapa UKM dan tergabung dalam situs Tokopedia, nantinya kita membeli suatu produk dari UKM tersebut namun sistem pembayaranya melalui rekening Tokopedia jadi terhindar dari penipuan.

Startup Unicorn.
Startup Unicorn.

Tokopedia menyusul Go-Jek menjadi Startup Unicorn kedua di Indonesia setelah 8 tahun berdiri.

Traveloka

Ferry Unardi dan dua temannya mendirikan Traveloka pada tahun 2012. Meskipun terbilang muda, Traveloka membuktikan keberadaannya sangat berharga. Ia menyusul Go-Jek dan Tokopedia dengan menyandang gelar unicorn dan menjadi startup Indonesia termuda peraih gelar unicorn hingga saat ini.

Total valuasi pendanaan yang diraih Traveloka mencapai nilai 2 milyar dolar Amerika dengan bertambahnya pendanaan dari perusahaan serupa asal Amerika Serikat bernama Expedia. Expedia menginvestasikan dana sebesar 350 juta dolar Amerika kepada Traveloka. Traveloka adalah aplikasi penyedia hotel, tiket perjalanan dan hal berbau traveling lainya.

Jadi jika kamu ingin memesan hotel baik dari dalam atau luar negeri atau ingin memesan tiket perjalanaqn, kamu dapat menggunakan Traveloka. Travelok dinilai lebih efisien karena membandingkan seluruh situs serupa yang ada, sehingga lebih akurat dan detail.

Bukalapak

Bukalapak lahir ditahun yang sama dengan Go-Jek pada tahun 2010 oleh CEO Achmad Zaky. Dengan pendanaan dari Elang Mahkota Teknologi atau EMTEK yang dirahasiakan jumlahnya, CEO Achmad Zaky mengumumkan bergabungnya bukalapak ke dalam startup berstatus unicorn. Bukalapak sama halnya seperti Tokopedia, merangkul UKM dan menjalankan bisnis bersama.

Nah itulah 4 Startup Unicorn di Indonesia, tentunya hal ini akan membantu Indonesia untuk mewujudkan ambisi menjadi pusat ekonomi digital pada tahun 2022 mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here