Kinandroid.com, Belum lama ini Google mengumumkan bahwa aka nada sistem operasi terbaru untuk Android yaitu Android P versi beta,  meski masih dalam versi beta ada beberapa bocoran tentang fitur yang dimiliki OS baru tersebut. Android P versi beta ini mengusung tiga tema yaitu cerdas, sederhana dan sangat digital jadi kamu yang penasaran dengan fitur terbaru pada Android P versi beta ini kita ada beberapa bocoranya sedikit.

Android P Versi Beta.
Android P Versi Beta.

Salah satu fitur yang sudah diperkenenalkan oleh Google untuk Android P adalah App Actions, fitur ini memungkinkan Android untuk memprediksi tindakan apa saja yang akan di lakukan oleh pengguna ponsel.  Selain itu fitur ini juga memungkinkan pengembang untuk meningkatkan kemampuan pada aplikasinya seperti membut konten yang sangat mudah di akses sehingga pengguna akan dapat melakukan sejumlah tindakan dengan lebih cepat.

Nantinya fitur ini dapat berlaku di beberapa aolikasi seperti Google Search, Google Assistant, Google Play dan Launcer Android. Tentunya rekomendasi tindakan akan dibuat berdasarkan kebiasaan pemakaianya.

Selain itu Android P versi beta ini hadir dengan fitur yang memiliki nama Slice, fitur ini mampu menampilkan UI aplikasi di dalam pencarian Google Search dan Google Assistant. Android P juga memiliki sistem navigasi terbaru , sistem ini menawarkan cara lebih cepat untuk dapat mengakses Android. Dalam sistem terbaru ini Android P akan hadir dengan satu tombol Home saja dan mengandalan navigasi berbasis gerakan sama seperti iPhone X.

Hal menarik lainya dari Android P ini adalah fitur Adaptive Battery, karena tidak dapat dipungkiri bahwa banyak smartphone Android yang memiliki baterai yang sangat boros. Dengan Adaptive Battery perangkat Android menjadi lebih hemat baterai  karena telah mengadopsi kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google yaitu Google DeepMind.

Android P Versi Beta.
Android P Versi Beta.

Google DeepMind ini mampu mempelajari kebiasan pengguna mulai dari aplikasi apa saja yang sering digunakan, kapan saja menggunakanya dan membagikan daya ke aplikasi-aplikasi tersebut. Selain itu Google DeepMind ini bertugas untuk memonitor penggunaan daya baterai perangkat dan akan mematikan aplikasi yang jarng dipakai namun masih berajalan pada latar belakang.

Google DeepMind juga dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar, sesuai denganke biasaan yang sering digunakan pengguna.

Untuk kamu yang ingin mencoba menjajal Android P versi beta ini , kita akan memberitahukan caranya. Untuk kamu yang menggunakan smartphone Google Pixel kamu hanya perlu mendaftar ke situs Andoid Beta Program. Nantinya kamu akan menermuma pembaruan Ota Android P, dala waktu yang singkat Andropi P versi beta ini sudah dapat kamu install.

Sedangkan untuk pengguna selain Google Pixel, tentunya akan sedikit kesulitan mendapatkan Androit P versi beta ini, karena tidak ada metode OTA.  Tentunya kamu harus melakukan metode yang sedikit beresiku seperti flashing manual, cara ini cukup merepotkan dan beresiko pada smartphone kamu. Untungnya setiap vendor smartphone yang mendukung sistem operasi ini telah memberikan intruksi masing-masing pada web nya.

Berikut ini adalah beberapa smartphone yang sudah dapat menggunakan Android P yaitu Xperia Xz2, Nokia 7 Plus, Xiaomi Mi Mix 25, OPPO R15, Vivo X21, OnePlus6 dan Essential PH-1.

Android P versi beta ini dapat dicoba mulai hari Selasa tanggal 8 Mei 2018, tentunya untuk kmau yang ingin mencoba versi beta ini harus siap dengan berbagai resiko. Karena seperti kita tahu untuk  mencoba sistem operasi versi beta, pasti selalu saja ada kesalahan yang dapat berpengaruh pada smartphone kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here